Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2024, Laba Astra Graphia (ASGR) Tumbuh Dobel Digit

PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) membukukan pertumbuhan laba bersih dobel digit pada semester I/2024 meski pendapatan perseroan turun tipis.
Laba bersih PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) tumbuh 22,74% year-on-year (YoY) menjadi Rp82,14 miliar pada semester I/2024./Istimewa
Laba bersih PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) tumbuh 22,74% year-on-year (YoY) menjadi Rp82,14 miliar pada semester I/2024./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Entitas Grup Astra, PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) membukukan pertumbuhan laba bersih dobel digit pada semester I/2024 meski pendapatan perseroan turun tipis. 

Pendapatan yang dihimpun ASGR sepanjang Januari—Juni 2024 tercatat sebesar Rp1,28 triliun atau turun 1,89% dari Rp1,31 triliun pada periode yang sama 2023. 

Di sisi lain, ASGR meraih kenaikan laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau laba bersih pada semester I/2024. Laba bersih ASGR tumbuh 22,74% year-on-year (YoY) dari Rp66,92 miliar pada semester I/2023 menjadi Rp82,14 miliar pada semester I/2024. 

Hendrix Pramana, Presiden Direktur Astra Graphia, mengatakan peningkatan laba bersih dikontribusikan dari meningkatnya laba kotor dari unit usaha Solusi Dokumen sebesar 2% dan unit usaha Solusi Teknologi Informasi sebesar 14%.

Operational excellence dan digitalisasi di dalam setiap proses di seluruh unit usaha serta kemampuan dalam mengelola arus kas yang lebih baik turut berkontribusi terhadap bertumbuhnya laba bersih Astragraphia pada semester I/2024,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (26/7/2024). 

Sebagai bagian dari komitmen untuk menjadi mitra pilihan pelanggan, Astragraphia bersama dengan beberapa pelanggan graphic art menghadiri Drupa 2024, pameran industri percetakan terbesar di dunia. 

Pada kesempatan tersebut, para pelanggan diajak mengunjungi booth FUJIFILM yang menampilkan inovasi-inovasi terbaru FUJIFILM yang nantinya dapat dimanfaatkan para pelaku industri graphic art untuk memajukan industri percetakan di Indonesia. Kunjungan ini semakin memperkuat kerja sama Astragraphia dengan FUJIFILM sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu menghadirkan teknologi terbaik bagi pelanggan di masa depan.

Sebelumnya, Astra Graphia telah membagikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp34 per saham pada 22 Mei 2024 dan dividen interim sebesar Rp13 per saham pada 24 Oktober 2023.

Direktur Astra Graphia Trivena Nalsalita mengatakan ASGR memberikan dividen tunai sekitar 45% dari laba bersih sebesar Rp47 per saham sebagai dividen tunai.

Dengan jumlah dividen per saham tersebut, anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII) ini membagikan dividen senilai total Rp63,4 miliar dari laba bersih Rp141,07 miliar untuk tahun buku 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper