Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Dibuka Menguat, Saham BBCA, BMRI, hingga BBRI di Zona Hijau

IHSG dibuka stagnan pada perdagangan hari ini, Rabu (9/10/2024), tetapi bergerak ke zona hijau didorong penguatan saham BBCA, BMRI, hingga BBRI.
Pegawai mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (20/8/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Selasa (20/8/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka stagnan pada perdagangan hari ini, Rabu (9/10/2024), tetapi bergerak ke zona hijau. Sejumlah saham seperti BBCA, BMRI, hingga BBRI dibuka menguat pagi ini.

Berdasarkan data RTI Infokom, pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka stagnan pada posisi 7.557,14. IHSG sempat bergerak di rentang 7.553-7.571 sesaat setelah pembukaan.

Tercatat, 166 saham menguat, 96 saham melemah, dan 229 saham bergerak di tempat. Kapitalisasi pasar IHSG terpantau menjadi Rp12.652 triliun.

Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menjadi salah satu saham yang menguat pagi ini. Saham BBCA naik 0,48% ke level Rp10.450 per saham pada perdagangan pagi ini. 

Selain BBCA, saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) juga menghijau pagi ini, dengan naik 0,35% ke level Rp7.100 per saham. Demikian juga dengan saham BBRI yang naik ke level 0,50% ke level Rp5.025 per saham pagi ini. 

Saham lain yang juga menguat pagi ini adalah ADRO naik 0,26% ke level Rp3.810, BRIS menguat 1,31% ke level Rp3.090, dan EXCL naik 1,32% ke level Rp2.300 per saham. 

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memperkirakan IHSG akan melanjutkan penguatan ke kisaran 7.600-7.630 hari ini. 

Secara teknikal, terbentuk pola morning star doji (8/10/2024) dan terbentuk golden cross pada MACD. Keduanya menjadi indikasi kuat minor bullish reversal.

Dia memperkirakan capital outflow dari pasar modal Indonesia mereda dan berlanjut untuk beberapa waktu ke depan. Hal ini dipicu oleh kekecewaan pasar atas pernyataan China National Development and Reform Commission yang dinilai menutup peluang major fiscal stimulus dalam waktu dekat. 

Kondisi ini memicu pelemahan signifikan pada indeks-indeks di Asia Timur, terutama HSI yang turun 9,41% dan NIKKEI turun 1% yang sempat mencatatkan reli selama pasar modal Tiongkok libur.

Sentimen di atas turut memicu pullback signifikan pada harga minyak bumi. Pullback tersebut meredam spekulasi mengenai peluang kenaikan harga BBM subsidi pada kuartal IV/2024.

Hari ini, IHSG diestimasi bergerak di kisaran support 7.500, pivot 7.550, dan resistance 7.600. Phintraco Sekuritas memberikan rekomendasi saham BBRI, BBNI, BBTN, BNGA dan ICBP sebagai top picks pada Rabu (9/10/2024).

Head of Research Retail BNI Sekuritas Fanny Suherman mengatakan bahwa IHSG naik ke resistance kuat di level 7.560 pada perdagangan kemarin.

“Hari ini akan coba untuk breakout level tersebut dan jika gagal masih memiliki tendensi untuk koreksi  kembali karena big banks dan komoditas masih memiliki tendensi kembali melemah,” paparnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10/2024). 

IHSG diperkirakan bermanuver di kisaran support 7.450—7.500 dan resistance 7.570–7.640.

Beberapa saham yang disarankan BNI Sekuritas untuk trading hari ini ialah saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA), PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG), PT J Resources Asia Tbk. (PSAB), dan PT Surya Semesta Internusa Tbk. (SSIA).

-----

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper