Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Katalis Positif Saham ICBP, JPFA hingga GOLF dari Pelantikan Prabowo-Gibran

Sejumlah saham seperti ICBP, JPFA hingga GOLF diramal meraih sentimen positif dari pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024.
Sejumlah saham seperti ICBP, JPFA hingga GOLF diramal meraih sentimen positif dari pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024.Dok Instagram @prabowosubianto
Sejumlah saham seperti ICBP, JPFA hingga GOLF diramal meraih sentimen positif dari pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024.Dok Instagram @prabowosubianto

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah saham seperti ICBP, JPFA, hingga GOLF diperkirakan meraih sentimen positif dari momentum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

Head of Research Samuel Sekuritas Indonesia Prasetya Gunadi mengatakan bahwa dari sektor consumer staples, saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) dan PT Ultra Jaya Milk Industry Tbk. (ULTJ) bakal meraih benefit dari pelantikan Prabowo.

Menurutnya, sentimen positif keduanya datang dari program makan bergizi gratis yang diusung Prabowo dengan susu sebagai salah satu komponen utama dalam menu.

“Ada potensi keuntungan terutama dari program makan bergizi gratis. Jadi, kami masukan beberapa consumer staples yang akan diuntungkan, tentunya ULTJ dan ICBP,” ucapnya dikutip dari siaran Youtube Samuel Sekuritas, Kamis (10/10/2024).

Sepanjang Januari – Juni 2024, ICBP membukukan penjualan bersih dari produk susu sebesar Rp5,03 triliun atau naik 3,44% year on year (YoY). Adapun, ULTJ meraih penjualan minuman senilai Rp4,53 triliun, tumbuh 4,90% secara tahunan.

Samuel Sekuritas menyematkan rekomendasi beli untuk saham ICBP dengan target harga di level Rp14.000 dan ULTJ mencapai Rp2.700 per saham.

Dari lantai bursa, saham ICBP bertengger di level Rp12.075 atau naik 14,18% year to date (YtD) hingga akhir perdagangan Rabu (9/10/2024). Pada periode yang sama, saham ULTJ meraih pertumbuhan 17,19% YtD menuju posisi Rp1.875 per saham.

Di sisi lain, Prasetya menambahkan saham sektor unggas juga diperkirakan meraih sentimen positif dari pelantikan Prabowo Subianto. Saham pilihan Samuel Sekuritas adalah PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA) dan PT Malindo Feedmill Tbk. (MAIN).

“Daging ayam akan menjadi sumber utama protein dan kami lihat yang akan diuntungkan adalah JPFA dan MAIN sebagai top picks di sektor poultry,” ujarnya.

Untuk sektor unggas, Samuel Sekuritas memberikan rekomendasi beli untuk saham JPFA dengan target harga Rp1.900 dan MAIN Rp850. Saat ini, banderol saham keduanya berada di level masing-masing Rp1.460 dan Rp760 per saham.

Dua saham terakhir pilihan Samuel Sekuritas adalah PT Intra Golflink Resorts Tbk. (GOLF) yang terafiliasi dengan Tommy Soeharto, dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge dengan afiliasi Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo.

Menurut Prasetya, kedua saham itu akan diuntungkan jelang pelantikan karena memiliki koneksi dengan presiden terpilih. Hal tersebut berpeluang memberikan sentimen positif dan memicu minat beli investor yang mencari peluang terkait pemilu.

“Ada yang punya koneksi kerabat seperti GOLF dan WIFI. Jadi, ini ada potensi mendapatkan sentimen positif dengan kenaikan Prabowo,” ungkapnya.

Samuel Sekuritas menyematkan peringkat beli untuk GOLF dengan target harga Rp260, sementara WIFI sebesar Rp424 per saham. Adapun harga saham GOLF saat ini berada pada posisi Rp212, dan WIFI bercokol di level Rp274 per saham.

_________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper