Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Mixed, S&P 500 & Nasdaq Turun Kena Aksi Taking Profit Investor

Wall Street ditutup bervariasi dengan Indeks S&P 500 dan Nasdaq berakhir merah pada perdagangan Kamis (25/7/2024), imbas aksi taking profit investor.
Wall Street ditutup bervariasi dengan Indeks S&P 500 dan Nasdaq berakhir merah pada perdagangan Kamis (25/7/2024), imbas aksi taking profit investor.Bloomberg/Michael Nagle
Wall Street ditutup bervariasi dengan Indeks S&P 500 dan Nasdaq berakhir merah pada perdagangan Kamis (25/7/2024), imbas aksi taking profit investor.Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA — Wall Street ditutup bervariasi dengan Indeks S&P 500 dan Nasdaq berakhir merah pada perdagangan Kamis (25/7/2024), dan gagal rebound setelah aksi profit taking saham teknologi sehari sebelumnya.

Mengutip Reuters, inddkes S&P 500 (.SPX) kehilangan 27,91 poin, atau 0,51% ke level 5,399.22 poin, Nasdaq Composite (.IXIC) juga turun 160,69 poin, atau 0,93%, menjadi 17,181.72. Sementara Dow Jones Industrial Average (.DJI) terpantau naik 81,20 poin, atau 0,20%, menjadi 39.935,07.

Dow Jones Industrial Average mempertahankan kenaikan awal dan ditutup lebih tinggi karena data produk domestik bruto (PDB) AS yang lebih kuat dari perkiraan.

Saham-saham berkapitalisasi kecil juga naik karena investor mencari nilai yang jauh dari saham-saham megakapitalisasi, dengan Russell 2000 (.RUT) naik 1,3% untuk menutup sebagian kerugian pada hari Rabu.

Saham-saham megacap pulih dari awal yang goyah dan diperdagangkan lebih tinggi pada sore hari tetapi banyak yang kemudian tergelincir, dengan Meta Platforms (META.O) Microsoft (MSFT.O) dan Nvidia (NVDA.O), membuka tab baru yang berakhir antara 1.7% dan 2.4 % turun.

Saham Alphabet (GOOGL.O) turun untuk hari kedua berturut-turut, merosot 3,1% ke penutupan terendah sejak 6 Mei, namun Tesla (TSLA.O) menguat.

Lemahnya pendapatan dari perusahaan induk Google dan pembuat kendaraan listrik telah memukul kelompok saham teknologi Magnificent Seven pada hari Rabu, mendorong Nasdaq (.IXIC) dan S&P 500 (.SPX) mencatat hari terburuk mereka sejak 2022.

Indeks Volatilitas Cboe (.VIX), yang dikenal sebagai ukuran ketakutan Wall Street, memperpanjang kenaikannya baru-baru ini hingga ditutup pada 18,46, tertinggi baru dalam 14 minggu.

“Saya pikir pasar sedang mengalami kemunduran,” kata Yung-Yu Ma, kepala investasi di BMO Wealth Management.

"Kekhawatiran telah meningkat dan kemarin merupakan peningkatan dari kekhawatiran tersebut, namun beberapa di antaranya telah berkurang hari ini."

Sementara para investor masih berusaha untuk bergulat dengan laporan pendapatan yang mengecewakan pada hari Rabu, serta ketidakpastian politik dan ekonomi, Ma mengatakan pada akhirnya data terbaru menunjukkan perekonomian AS yang tangguh.

Laporan PDB hari Kamis menunjukkan ekonomi AS tumbuh 2,8% pada kuartal kedua dibandingkan perkiraan 2%. Inflasi mereda, sehingga ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve pada bulan September tetap utuh.

Semua perhatian kini tertuju pada data harga pengeluaran konsumsi pribadi pada hari Jumat untuk mengkonfirmasi spekulasi dimulainya penurunan suku bunga Fed lebih awal.

Meskipun saham-saham kelas berat telah mendorong pasar ke level tertinggi sepanjang masa tahun ini, aksi jual pada hari Rabu memperkuat kekhawatiran bahwa saham-saham ini mungkin mengalami kelebihan tekanan dan berada dalam kondisi gejolak yang lebih besar.

Kekhawatiran ini telah mendorong investor nilai, mempercepat perpindahan mereka ke saham-saham berkapitalisasi kecil dan sektor lain di luar teknologi megacap.

Di antara pergerakan yang didorong oleh pendapatan, saham IBM (IBM.N), melonjak 4,3%, juga meningkatkan blue-chip Dow, setelah perusahaan teknologi tersebut mengalahkan perkiraan pendapatan kuartal kedua dan menaikkan perkiraan pertumbuhan tahunan untuk bisnis perangkat lunaknya. .

American Airlines (AAL.O) naik 4,2% setelah memangkas perkiraan laba tahunannya. Southwest Airlines (LUV.N) naik 5,5% setelah mengatakan akan menerapkan perubahan termasuk mengakhiri tempat duduk terbuka dan menawarkan kursi dengan ruang kaki ekstra.

Kemajuan perusahaan penerbangan dan logistik, dengan Old Dominion (ODFL.O) naik 5,7% dan JB Hunt (JBHT.O), naik 4,3%, membantu Dow Jones Transportation Average (.DJT) naik 1,3%.

Ford (F.N) merosot 18,4% setelah laba penyesuaian kuartal kedua pembuat mobil itu meleset dari perkiraan dengan selisih yang besar. Edwards Lifesciences (EW.N) anjlok 31,3% setelah meleset dari perkiraan pendapatan kuartal kedua.

Volume di bursa AS adalah 13,23 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,60 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper