Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shimizu Jepang Incar 678 Juta Saham TOTL Lewat Tender Offer, Simak Agendanya

Shimizu mengumumkan penawaran tender sukarela untuk memboyong 678,59 juta saham PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL).
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (9/7/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (9/7/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan asal Jepang, Shimizu Corporation, berencana mencaplok 678,59 juta saham PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL) melalui skema penawaran tender sukarela pada harga Rp580 per lembar. 

Berdasarkan keterbukaan informasi, jumlah saham yang dibidik Shimizu setara dengan 19,90% dari total saham yang telah disetor penuh pada TOTL. Dengan harga penawaran di level Rp580 per lembar, Shimizu sedikitnya menggelontorkan dana Rp393,58 miliar. 

“Nilai total penawaran tender sukarela sebanyak-banyaknya sebesar Rp393,58 miliar. Sehubungan dengan ini, Shimizu memiliki dana yang cukup untuk menyelesaikan penawaran tender sukarela,” tulis Shimizu dalam keterbukaan informasi, Rabu (17/7/2024). 

Manajemen menjelaskan bahwa Shimizu berencana memperkuat posisinya di sektor jasa konstruksi bersama dengan TOTL. Untuk itu, dengan langkah penawaran tender sukarela, Shimizu akan tetap mendukung kegiatan usaha perusahaan sasaran ke depan. 

“Shimizu akan terus mendukung perkembangan kegiatan usaha perusahaan sasaran [TOTL] pada masa yang akan datang dan berkeyakinan bahwa Shimizu dapat membantu perusahaan sasaran untuk mencapai pertumbuhan yang diharapkan melalui keahlian, pengalaman, dan hubungan bisnis yang luas dari Shimizu,” ungkap manajemen Shimizu. 

Hingga keterbukaan informasi diumumkan, Shimizu tidak memiliki saham TOTL baik secara langsung maupun tidak langsung. Perusahaan juga tidak memiliki opsi untuk membeli atau memperoleh dividen atau manfaat lain untuk menggunakan hak suara dalam RUPS TOTL.

Shimizu menargetkan pernyataan efektif tender offer dari OJK pada 22 Agustus 2024 dengan indikasi periode penawaran berlangsung pada 26 Agustus – 24 September.  

Secara terperinci, masa penawaran tender sukarela Shimizu akan berlangsung selama 30 hari. Dimulai dua hari kerja setelah pernyataan penawaran tender menjadi efektif. Meski demikian, periode tersebut dapat diperpanjang hingga 90 hari. 

Dalam perkembangan lain, Sekretaris Perusahaan Total Bangun Persada, Anggie S. Sidharta, mengatakan perseroan memiliki target kontrak baru senilai Rp3,5 triliun pada 2024. Hingga kuartal I/2024, TOTL telah meraup kontrak baru Rp1,61 triliun. 

Perseroan juga membidik target pendapatan dan laba bersih masing-masing Rp3,1 triliun dan Rp175 miliar pada 2024. Pada kuartal pertama tahun ini, TOTL telah membukukan pendapatan usaha senilai Rp818,87 miliar, dengan laba bersih Rp52,71 miliar. 

Dari lantai bursa, kabar penawaran tender sukarela Shimizu membuat saham TOTL melejit 10,91% ke level Rp610 pada penutupan perdagangan Rabu (17/7/2024). Mahar ini mencerminkan kenaikan 62,23% secara year-to-date (YtD). 

Berikut indikasi jadwal penawaran tender sukarela Shimizu:

- Tanggal Pernyataan Penawaran Tender Sukarela: 17 Juli 2024

- Perkiraan Tanggal Pernyataan Efektif dari OJK: 22 Agustus 2024

- Perkiraan Periode Penawaran Tender Sukarela: 26 Agustus – 24 September 2024

- Perkiraan Tanggal Penjatahan: 27 September 2024

- Perkiraan Tanggal Pengembalian Saham yang Tidak Dibeli: 1 Oktober 2024

- Perkiraan Tanggal Pembayaran: 4 Oktober 2024

 

---------------------------

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper