Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Taro, FKS Food (AISA) Merambah Pasar China dan Spanyol

Produsen Taro, FKS Food (AISA) Rambah Pasar China dan Spanyol sebagai ekspansi pasar global.
Produk dari FKS Food Sejahtera Tbk. (AISA)/fksfs.co.id
Produk dari FKS Food Sejahtera Tbk. (AISA)/fksfs.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- PT FKS Food Sejahtera Tbk. (AISA) melakukan ekspansi pasar global yang difokuskan pada pengembangan pasar di China dan Spanyol setelah melakukan penyesuaian dengan standar regulasi di kedua negara tersebut.

Direktur Utama AISA Gerry Mustika menjelaskan dengan setiap negara memiliki regulasi dan standar keamanan pangan yang berbeda, perseroan melakukan penyesuaian produk dengan ketentuan negara tujuan. 

"Secara gramasi, beberapa produk juga disesuaikan dengan standar konsumsi di negara tersebut," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (31/8/2024).

Gerry memerinci perseroan memperkenalkan produk unggulan seperti merek Mie Kremezz di China dan mie telur kering merek Bossmi di Spanyol.

Selain kedua negara tersebut, perseroan juga telah memperluas jangkauan ekspor ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Finlandia, Spanyol, Belanda, Saudi Arabia, Korea Selatan, Vietnam, Malaysia, Timor Leste, Australia, dan Selandia Baru.

Produk yang diekspor mencakup hampir seluruh lini produk seperti Taro, Mie Kremezz, Mie Ayam 2 Telur, Mie Superior, Bihunku, dan Bihun Tanam Jagung.

Selanjutnya, perseroan juga akan memperluas jangkauan pasar di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 nanti, yang dijadwalkan berlangsung pada 9 Oktober 2024 hingga 12 Oktober 2024.

"Kami berharap produk-produk kami semakin dikenal di pasar luar negeri, dan menunjukkan bahwa produk Indonesia memiliki kualitas unggul yang tidak kalah dengan produk buatan luar," imbuhnya.

Adapun hingga semester I/2024, AISA telah membukukan pertumbuhan laba usaha sebesar lebih dari Rp27 miliar dalam kuartal pertama tahun 2024, bertumbuh sebesar 101,4% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023.

Pertumbuhan laba usaha tersebut didukung oleh peningkatan laba bruto karena inisiatif cost optimization yang dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu juga karena didukung oleh sustainable innovation pada penelitian dan pengembangan serta perbaikan harga bahan baku.

Selain itu, laba usaha AISA mengalami perbaikan. Pada kuartal I/2024, AISA mencatatkan pertumbuhan laba yang berkelanjutan sebesar 9,2% dibandingkan pada kuartal IV/2023 dan terdapat kenaikan penjualan sebesar 2,6% year-on-year (YoY).

Pertumbuhan penjualan makanan ringan sebesar 5,6% menjadi pendukung kenaikan penjualan AISA tersebut.

Peningkatan berkelanjutan ini merupakan hasil dari pelaksanaan inisiatif seperti perbaikan berkelanjutan pada outlet aktif, maksimalisasi lintas kanal distribusi di seluruh Indonesia, kampanye marketing dan promosi terintegrasi, dan pembukaan pasar ekspor baru di China dan Asia Tenggara melalui distributor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper