Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RS Mitra Keluarga (MIKA) Buka Peluang Ekspansi di IKN

Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) masih dalam proses review untuk ekspansi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) masih dalam proses review untuk ekspansi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ANTARA/Andi Firdaus
Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) masih dalam proses review untuk ekspansi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ANTARA/Andi Firdaus

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) membeberkan peluang ekspansi perusahaan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Mitra Keluarga Karyasehat Joyce Vidyayanti Handajani mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan review atau analisis mengenai prospeknya di IKN.

"Jadi pada saat ini kami masih belum memiliki lahan atau merencanakan pembangunan rumah sakit di sana [IKN]. Tetapi masih dalam proses review atau analisa kami," katanya, saat Public Expose, pada Jumat (30/8/2024).

Meski belum memiliki rencana di IKN, tetapi dia mengatakan bahwa Mitra Keluarga memiliki strategi pertumbuhan melalui penambahan rumah sakit.

Dia menjelaskan bahwa secara rata-rata Mitra Keluarga menambah 1-2 rumah sakit per tahunnya, dan pada 2023 MIKA menambah 3 rumah sakit. 

"Tahun ini kebetulan kita tidak ada [penambahan rumah sakit], tapi tahun depan mungkin kita akan membuka paling sedikit 2 sampai 3 rumah sakit baru," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa strategi utama pertumbuhan dari Mitra Keluarga ini memang menambah rumah sakit, dan ini di luar strategi akuisisi dari grup Mitra Keluarga.

Selain ekspansi, Investor Relation Manager MIKA Aditya Widjaja mengatakan dari sisi existing rumah sakit, Mitra Keluarga juga akan menambah sekitar 250-300 tempat tidur (bed) pada 2024 ini.

"Sehingga memang ada juga proyek-proyek ekspansi broad field dari existing rumah sakit kami, yang terutama di Kasih Group," ucapnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Mitra Keluarga juga melakukan penambahan alat-alat medis yang lebih update di tahun ini untuk peremajaan alat medis setiap tahunnya.

Untuk diketahui, Mitra Keluarga saat ini mengoperasikan kurang lebih sebanyak 30 rumah sakit, sejak berdirinya 35 tahun lalu pada 1989.

Adapun saat ini total tempat tidur yang dioperasikan sebanyak 3.974, dengan total 2.000 dokter termasuk di dalamnya ada 1.690 spesialis dan juga didukung oleh 4.200 tenaga medis, baik dari perawat maupun dari staff medis.

Kemudian, fokus geografi strategi Mitra keluarga saat ini masih di Pulau Jawa dan tepatnya memiliki kehadiran yang cukup kuat di Jabodetabek dan di Surabaya.

"Kami juga memiliki beberapa area khusus yaitu seperti Tegal dan juga Cirebon di mana kami juga memiliki beberapa jaringan rumah sakit di sana," tambahnya.

Aditya menjelaskan saat ini MIKA memiliki dua brand yaitu Mitra Keluarga dan Kasih Group. Adapun untuk Mitra Keluarga lebih ke arah rumah sakit yang cukup lengkap dan komprehensif terdiri dari lebih dari 30 spesialisasi area.

Sedangkan untuk Kasih Group ini rumah sakitnya sedikit lebih kecil dari rumah sakit Mitra Keluarga dan fokus area spesialisasinya juga lebih terbatas mungkin maksimum di sekitar 10-15 spesialisasi area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper