Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menghitung Rata-Rata Transaksi Saham GOTO yang Disebut Anti Masuk FCA

Nilai rata-rata transaksi harian GOTO mencapai Rp54,25 miliar sepanjang Juli ini sehingga disebut BEI tidak akan masuk papan pemantauan khusus skema FCA
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) aman dari jerat papan pemantauan khusus dengan mekanisme full call auction karena nilai transakinya yang melebihi Rp5 juta setiap hari. Lalu, berapa rata-rata nilai transaksi GOTO setiap harinya?

Melihat histori transaksinya selama Juni, transaksi GOTO terkecil terjadi pada kemarin, Selasa (16/7/2024). GOTO mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp5,97 miliar pada penutupan perdagangan Selasa (16/7/2024), dengan volume saham yang diperjual belikan sebesar 119,3 juta saham. 

Sementara itu, nilai transaksi tertinggi GOTO terjadi pada tanggal 10 Juli 2024, yang sebesar Rp397,99 miliar. Sebanyak 7,94 miliar saham GOTO ditransaksikan pada hari itu. 

Apabila dirata-ratakan, maka GOTO mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp54,25 miliar setiap harinya, dengan volume saham yang diperdagangkan sebanyak 1,08 miliar saham. 

Jumlah nilai transaksi ini jauh melebihi ketentuan BEI mengenai saham-saham yang dapat masuk ke PPK FCA. Nilai transaksi harian GOTO berada jauh di atas Rp5 juta, dengan volume rata-rata harian saham lebih dari 10.000 lembar saham.

Sebagaimana diketahui, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik menjelaskan saham GOTO tidak akan masuk ke FCA meskipun harga saham rata-rata tiga bulan berada di bawah Rp51. Hal ini karena likuiditas saham GOTO masih berada di atas rata-rata, yaitu di atas Rp5 juta per hari.  

"Walaupun lebih dari tiga bulan harga rata-ratanya Rp50, tetapi masih ada likuiditas, tidak masuk FCA," kata Jeffrey di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Dia melanjutkan hal ini merupakan hasil dari review PPK FCA yang dilakukan BEI. Sebelum review ini, BEI hanya melihat harga. Akan tetapi, dalam proses review, BEI kembali ke tujuan awal untuk memperhatikan investor bermodal kecil.

"Dalam proses review kami kembali kali ke tujuan kami, investor kecil itu diperhatikan atau tidak. Memperhatikan investor kecil itu dalam bentuk likuiditas dan membagikan dividen," ucap Jeffrey.  

Analis Maybank Sekuritas Etta Rusdiana Putra memberikan target price (TP) sebesar Rp95 per saham untuk saham GOTO. Menurutnya, katalis bagi GOTO datang dari pendapatan yang dapat tumbuh 3,4% ke level Rp16,3 triliun, karena dampak dari dekonsolidasi Tokopedia. 

Katalis lain menurut Etta adalah perbaikan adjusted EBITDA seiring dengan efisiensi, dan GOTO yang dapat fokus dalam pengembangan on-demand service dan fintech.

-------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper