Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merdeka Copper (MDKA) Terbitkan Obligasi Rp2,22 Triliun, Tawarkan Kupon 9%

Merdeka Copper Gold (MDKA) akan menerbitkan obligasi Rp2,22 triliun dengan besaran kupon 7,25% hingga 9% per tahun.
Merdeka Copper Gold (MDKA) akan menerbitkan obligasi Rp2,22 triliun dengan besaran kupon 7,25% hingga 9% per tahun./ Thomas Mola
Merdeka Copper Gold (MDKA) akan menerbitkan obligasi Rp2,22 triliun dengan besaran kupon 7,25% hingga 9% per tahun./ Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA — PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) berencana melakukan penerbitan obligasi berkelanjutan IV tahap VI tahun 2024 sebesar Rp2,22 triliun. Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan IV dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp15 triliun.

Manajemen MDKA dalam prospektusnya menyebut obligasi ini akan diterbitkan dalam dua seri. Seri A dengan jumlah pokok obligasi sebesar Rp250 miliar, dengan tingkat bunga sebesar 7,25% per tahun, dan berjangka waktu 367 hari kalender sejak tanggal emisi.

Lalu seri B dengan jumlah pokok obligasi sebesar Rp1,97 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 9% per tahun dan berjangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi.

Bunga Obligasi akan dibayarkan setiap triwulan, dengan bunga obligasi pertama akan dibayarkan pada 30 Oktober 2024, sedangkan bunga obligasi terakhir sekaligus pelunasan obligasi akan dibayarkan pada tanggal 7 Agustus 2025 untuk obligasi Seri A dan tanggal 30 Juli 2027 untuk Obligasi Seri B. Pelunasan masing-masing seri Obligasi akan dilakukan secara penuh pada saat jatuh tempo.

Dana hasil penawaran umum obligasi ini sebesar Rp1,08 triliun akan digunakan oleh MDKA untuk melunasi pokok utang Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold Tahap III Tahun 2023 Seri A yang akan jatuh tempo pada tanggal 11 Agustus 2024.

Kemudian, sebesar US$60 juta atau setara Rp972 miliar akan digunakan oleh Perseroan untuk pembayaran lebih awal atas seluruh pokok utang yang timbul berdasarkan Perjanjian Fasilitas untuk Fasil itas Bergulir Mata Uang Tunggal tanggal 31 Maret 2022.

Sebagaimana terakhir diubah berdasarkan Surat Konfirmasi Persetujuan atas Permohonan Perpanjangan tanggal 9 Mei 2024 yang akan dibayarkan kepada para kreditur yaitu PT Bank UOB Indonesia, The Korea Dev elopment Bank, cabang Singapura, dan PT Bank Mizuho Indonesia, melalui United Ove rseas Bank Limited sebagai Agen (“Perjanjian Fasilitas Bergulir US$100.000.000”).

Sementara sisanya akan dipinjamkan kepada BSI untuk modal kerja, meliputi antara lain pembayaran kepada pemasok, karyawan, konsultan serta pembayaran beban keuangan, dalam rangka mendukung kegiatan usaha BSI.

Dalam rangka penerbitan obligasi ini, MDKA telah memperoleh hasil pemeringkatan utang jangka panjang dari Pefindo dengan peringkat idA+ atau single A plus.

Penjamin pelaksana emisi obligasi dan penjamin emisi obligasi ini adalah PT Indo Premier Sekuritas, PT Sucor Sekuritas, PT UOB Kay Hian Sekuritas, PT Aldiracita Sekuritas Indonesia, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. (TRIM). Sementara itu, wali amanat dari penerbitan obligasi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI).

Berikut adalah jadwal penerbitan obligasi MDKA:

  • Tanggal efektif: 5 Desember 2022
  • Masa penawaran umum obligasi: 24 dan 25 Juli 2024
  • Tanggal penjatahan: 21 Februari 2024
  • Tanggal emisi: 26 Juli 2024
  • Tanggal pengembalian uang pemesanan: 30 Juli 2024
  • Tanggal pencatatan di BEI: 31 Juli 2024

________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper