Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SRTG, AMRT, MIDI hingga KLBF Cum Dividen Hari Ini, Cek Gerak Sahamnya

Saham SRTG hingga MIDI memperlihatkan gerak berfluktuasi di tengah batas cum date dividen yang jatuh pada hari ini, Selasa (28/5/2024).
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Agenda pembagian dividen dari 9 perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memasuki periode cum date pada hari ini, Selasa (28/5/2024), antara lain, SRTG, AMRT, MIDI, hingga KLBF.  

Berdasarkan data BEI hingga pukul 09.15 WIB, saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) mengalami peningkatan sebesar 0,34% ke level Rp1.480. Banderol ini mencerminkan pelemahan sebesar 9,76% secara year-to-date (YtD). 

Saratoga akan membagikan dividen sebesar Rp298,43 miliar dari laba bersih tahun buku 2023. Perseroan sejak tahun buku 2019 secara konsisten memberikan dividen sebagai bentuk komitmen kepada para pemegang saham.

Sementara itu, saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) dan PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) memperlihatkan pergerakan yang berbeda. AMRT menguat 2,14% ke Rp2.860, sementara saham MIDI terpantau stagnan. 

Dua emiten milik Djoko Santoso tersebut menetapkan pembagian dividen tunai dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 16 Mei 2024. AMRT menggelontorkan dividen senilai Rp1,19 triliun, sedangkan MIDI Rp155,47 miliar. 

“Berdasarkan hasil RUPST, AMRT akan membagikan dividen setidaknya 35% dari total laba bersih 2023 dengan dividen per saham yang akan dibagikan sebesar Rp28,68 per lembar,” ujar Sekretaris Perusahaan AMRT, Tomin Widian. 

Di sisi lain, PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) akan menebar dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp1,4 triliun atau Rp31 per saham. RUPST menyepakati penggunaan 52% dari laba bersih sebagai dividen yang diberikan kepada pemegang saham. 

Pada hari ini, saham KLBF mengalami pelemahan sebesar 0,64% menuju posisi Rp1.555 per lembar. Harga tersebut menggambarkan penurunan 3,42% YtD, tetapi menguat 9,12% dalam kurun satu bulan terakhir. 

Berikut jadwal periode cum date dividen hari ini, Selasa 28 Mei 2024:

 

1. PT Delta Djakarta Tbk. (DLTA)

2. PT Formosa Ingredient Factory Tbk. (BOBA)

3. PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF)

4. PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KLAS)

5. PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI)

6. PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS)

7. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG)

8. PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk. (BIKE)

9. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT)

 

---------------------------

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper