Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Suspensi Saham Argo Pantes (ARGO) Akibat Harga Melambung Tak Wajar

Harga melambung tak wajar, BEI suspensi saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO) pada perdagangan hari ini, Selasa (20/8/2024).
Harga melambung tak wajar, BEI suspensi saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO)  pada perdagangan hari ini, Selasa (20/8/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Harga melambung tak wajar, BEI suspensi saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO) pada perdagangan hari ini, Selasa (20/8/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO) pada perdagangan hari ini, Selasa (20/8/2024).

BEI mengumumkan suspensi saham dilakukan sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO)

"Dalam rangka cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi Investor, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham ARGO pada perdagangan tanggal 20 Agustus 2024," papar pengumuman Bursa.

Penghentian sementara perdagangan saham ARGO tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai. Tujuannya ialah memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO).

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan," imbuh BEI.

Saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO) sebelumnya masuk radar pemantauan Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah terjadi pergerakan harga saham dan pola transaksi yang di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).

Mengutip keterbukaan informasi BEI pada 16 Agustus 2024, saham ARGO mengalami peningkatan harga saham di luar kebiasaan, dan BEI pun tengah mencermati perkembangan pola transaksi saham tersebut.

"Pengumuman Unusual Market Activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal," ujar Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Yulianto Aji Sadono dalam keterangannya.

Saham PT Argo Pantes Tbk. (ARGO) dipantau oleh BEI karena kenaikan harga saham yang tidak wajar. Pasalnya, pada Kamis, (15/8/2024) saham ARGO melonjak 24,86% ke posisi Rp1.105 per saham.

Disusul kenaikan 24,89% pada Jumat (16/8) ke posisi Rp165 per saham dan pada Senin (19/8) awal pekan ini, saham ARGO juga naik 19,57% ke level Rp1.650 per saham.

Dalam 3 bulan terakhir saham ARGO telah melonjak 70,98% dan sepanjang tahun berjalan (YtD) saham emiten tekstil itu telah melesat 71,88%.

______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper