Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golden Eagle Energy (SMMT) Rencanakan Private Placement 315 Juta Saham

Emiten batu bara Golden Eagle Energy (SMMT) berencana menerbitkan sebanyak 315 juta saham baru dalam private placement.
Emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT) berencana menerbitkan sebanyak 315 juta saham baru dalam private placement. JIBI/Bisnis/Abdurachman
Emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT) berencana menerbitkan sebanyak 315 juta saham baru dalam private placement. JIBI/Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT) berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau private placement sebanyak-banyaknya 315 juta saham.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), SMMT menyampaikan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 315 juta saham dengan nilai nominal Rp125 per saham atau sebesar maksimum 10% dari jumlah saham disetor dan ditempatkan dalam perseroan.

"Melalui private placement, perseroan diharapkan akan mendapatkan alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan bisnis atau kegiatan usaha perseroan dan atau perusahaan anak perseroan," tulis manajemen, Jumat (18/10/2024).

SMMT juga menjelaskan dana hasil private placement akan digunakan untuk pengembangan usaha melalui investasi yang diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi perseroan ke depannya.

Selain itu, dana private placement juga akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja dan kegiatan umum usaha SMMT. Akan tetapi, realisasi atas rencana penggunaan dana mungkin dapat berubah dan disesuaikan dengan kebutuhan aktual perseroan saat pelaksanaan private placement.

Dalam hal akan dilakukan perubahan dan penyesuaian penggunaan dana private placement, maka akan dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Manajemen melanjutkan harga pelaksanaan penerbitan saham baru merujuk pada ketentuan peraturan No I-A, dengan harga pelaksanaan penerbitan saham perseroan paling sedikit 90% dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama kurun waktu 25 hari bursa berturut-turut di pasar reguler.

Adapun hingga saat ini, SMMT menyampaikan belum terdapat satu atau beberapa pemodal yang bermaksud memiliki saham baru hasil penerbitan private placement ini.

Dengan adanya private placement ini, pemegang saham SMMT yang tidak berpartisipasi dalam jangka pendek akan terkena risiko penurunan atau dilusi kepemilikan saham yaitu sebanyak-banyaknya 10%. Manajemen juga menuturkan tidak ada dampak perubahan pengendali perseroan setelah private placement dilakukan.

Sehubungan dengan aksi korporasi ini, SMMT akan melaksanakan RUPSLB pada Selasa, 26 November 2024. 

___________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper