Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneka Tambang (ANTM) Caplok 30% Saham Smelter Tsingshan Rp1,6 Triliun

Aneka Tambang (ANTM) mengakuisisi 30% saham smelter nikel PT Jiu Long Metal Industry, anak usaha dari Eternal Tsingshan Group Limited berbasis di Hong Kong.
Ilustrasi. Aneka Tambang (ANTM) mengakuisisi 30% saham smelter nikel PT Jiu Long Metal Industry, anak usaha dari Eternal Tsingshan Group Limited berbasis di Hong Kong.
Ilustrasi. Aneka Tambang (ANTM) mengakuisisi 30% saham smelter nikel PT Jiu Long Metal Industry, anak usaha dari Eternal Tsingshan Group Limited berbasis di Hong Kong.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Aneka Tambang Tbk.  (ANTM) atau Antam  resmi mengakuisisi 30% saham perusahaan smelter nikel PT Jiu Long Metal Industry, anak usaha dari Eternal Tsingshan Group Limited berbasis di Hong Kong SAR.

Akuisisi itu diteken lewat perjanjian jual beli bersyarat dan pengalihan saham antara anak usaha ANTM, PT Gag Nikel dengan anak usaha Tsingshan berbasis di Singapura, Newton International Investment Pte. Ltd pada 3 Oktober 2024 lalu.

Adapun, nilai transaksi akuisisi 30% saham itu mencapai US$102.500.000 atau sekitar Rp1,6 triliun (asumsi kurs Rp15.665 per dolar AS).

“Setelah masuknya Gag Nikel sebagai pemegang saham minoritas Jiu Long Metal pada 3 Oktober 2024, Gag Nikel memberikan pinjaman pemegang saham kepada Jiu Long Metal,” tulis Direktur Pengembangan Usaha Antam I Dewa Wirantaya lewat keterbukaan informasi, Selasa (8/10/2024).

ANTM menerangkan akuisisi PT Jiu Long Metal Industry dilakukan untuk meningkatkan proyek hilirisasi perseroan. Selain itu, ANTM dan pemegang saham lainnya bakal ikut mendapatkan dividen dari proyek smelter anak usaha Tsingshan tersebut. 

Dengan demikian, ANTM lewat Gag Nikel bakal menghimpit saham minoritas 30% di PT Jiu Long Metal Industry. Sisanya, 70% mayoritas dipegang Tsingshan lewat Newton International Investment Pte. Ltd.

Selepas menghimpit saham minoritas itu, ANTM bakal memberikan pinjaman sebesar US$18.000.000 atau setara dengan Rp274.446.000.000 yang dihitung berdasarkan kurs referensi Bank Indonesia JISDOR pada tanggal 2 Oktober 2024.

Sebelum transaksi pembelian saham, Newton International Investment Pte. Ltd. sebagai pemegang saham tunggal Jiu Long Metal memberikan pinjaman pemegang saham sebesar US$60 juta sebagai modal kerja.

Setelah ANTM masuk, proporsi pinjaman modal yang diberikan ke Jiu Long Metal bakal dilakukan secara proporsional sebesar 30%.

“Pemberian Pinjaman Pemegang Saham oleh Gag Nikel akan meningkatkan pendapatan tidak langsung Perseroan yang berasal dari pendapatan bunga atas pembayaran pemberian pinjaman pemegang saham dari Jiu Long,” kata Dewa.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Desember 2023,  PT Jiu Long Metal Industry mencatatkan total aset sebesar US$261.767.507 dengan total liabilitas US$40.439.134. Sementara itu, total ekuitas tercatat sampai akhir 2023 sebesar 221.328.373.

Di sisi lain, laba usaha dari PT Jiu Long Metal Industry pada periode itu sebesar US$73.580.524 dengan penjualan mencapai US$384.348.706. Selain itu, laba komprehensif tahun berjalan sebesar US473.580.524.

Lewat akuisisi ini, ANTM lewat Gag Nikel bakal memasok bijih nikel untuk PT Jiu Long Metal Industry.

Gag Nikel merupakan anak usaha ANTM yang mengurusi kegiatan eksplorasi serta operasi tambang nikel di Pulau Gag, Papua Barat.

Awalnya, kepemilikan saham mayoritas PT Gag Nikel dipegang oleh Asia Pacific Nickel Pty. Ltd. sebesar 75% dan ANTM sebesar 25%. Namun sejak 2008, ANTM mengakuisisi semua saham PT. Asia Pacific Nickel Pty. Ltd. Saat ini, PT. Gag Nikel sepenuhnya dikendalikan oleh ANTM.

ANTM tercatat memiliki cadangan 59 juta ton nikel dan potensi sumber daya 318 juta ton pada konsesi di kawasan tersebut.

______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper