Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Diproyeksi Bergerak Terbatas, Lirik Saham HRUM, TINS, hingga MEDC

Analis memproyeksikan IHSG bergerak terbatas, dengan saham HRUM, TINS, hingga MEDC menjadi top picks hari ini.
Pengunjung beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis(19/9/2024)./JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis(19/9/2024)./JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak terbatas hari ini. Sejumlah saham seperti HRUM, TINS, hingga MEDC menjadi top picks hari ini.

Pada Rabu (2/10/2024), IHSG membukukan pelemahan sebesar 1,03% atau 78,87 poin ke level 7.563,26. Sepanjang perdagangan kemarin, nilai transaksi mencapai Rp14,44 triliun, dengan volume saham mencapai 33,19 miliar saham dan frekuensi 1,5 juta kali.

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menjelaskan pelemahan IHSG pada Rabu (2/10/2024) relatif sesuai perkiraan, meski lebih signifikan dari perkiraan. 

"IHSG diperkirakan bergerak terbatas pada kisaran pivot saat ini di 7.550," kata Valdy, Kamis (3/10/2024).

Dia menjelaskan pelemahan IHSG yang terjadi Rabu (2/10/2024) kemungkinan dipicu respons pasar terhadap lonjakan harga minyak pada Senin (30/9/2024) dan Selasa (1/10/2024). Harga minyak menguat terbatas kemarin. 

"Dengan demikian, tekanan pada IHSG diperkirakan mereda hari ini," ucapnya. 

Sebagai informasi, lonjakan harga minyak umumnya direspons negatif karena Indonesia masih merupakan net importir minyak, sehingga lonjakan harga minyak global rentan memicu kenaikan harga BBM di Indonesia.

Dari data ekonomi, pasar akan merespons indeks sektor jasa di Jepang, Euro Area, Jerman dan AS yang dijadwalkan rilis pada hari ini. Sementara itu, pasar modal China masih libur panjang sampai dengan 8 Oktober 2024.

Dari global, Indeks-indeks Wall Street menguat terbatas, bahkan cenderung flat pada Rabu (2/10/2024). Indeks-indeks Wall Street tertekan oleh kekhawatiran akselerasi eskalasi konflik geopolitik di Timur Tengah. 

Di sisi lain, sentimen negatif tersebut diimbangi oleh realisasi US nonfarm employment change sebesar 143.000 di September 2024, meningkat jauh dari 103.000 pada Agustus 2024.

Sentimen serupa, khususnya perkembangan kondisi Timur Tengah memicu penutupan beragam dari indeks-indeks di Eropa (2/10/2024). Pasar juga merespons realisasi unemployment rate di Euro Area sebesar 6,4% di Agustus 2024, tidak berubah dibanding kondisi Juli 2024 dan sesuai dengan perkiraan pasar.

Sebagai informasi, Iran menyerang Israel dengan ballistic missiles sebagai balasan atas serangan Israel yang menewaskan pemimpin Hizbullah di Lebanon. Israel dikabarkan memulai ground operation di wilayah selatan Lebanon.

Adapun beberapa saham yang menjadi top picks Phintraco Sekuritas hari ini adalah HRUM, TINS, KRAS, ELSA, dan MEDC. Dia melanjutkan rekomendasi masih terbatas, dengan pelaku pasar sebaiknya tidak terlalu agresif di tengah peningkatan risiko ketidakpastian seperti saat ini.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper