Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Koleksi Saham Pembagi Dividen, Transformasi Pendidikan RI, dan CTRA di IKN

Ulasan tentang aksi pengelola dana raksasa mengumpulkan portofolio saham pembagi dividen, menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, Kamis (3/10/2024).
top 5
top 5

Bisnis.com, JAKARTA — Beberapa investor kakap atau “ikan-ikan besar” tercatat mengumpulkan saham di beberapa emiten yang mau membagikan dividen interim pada periode tahun buku 2024.

Berdasarkan data terminal Bloomberg, BlackRock tercatat mengakumulasi sebanyak 88.501 saham AALI selama lima hari perdagangan terakhir. Per tanggal 25 September 2024, BlackRock tercatat masih memiliki sebanyak 8,88 juta saham AALI. Kepemilikan BlackRock pada AALI bertambah menjadi 8,97 juta saham per Selasa, (1/10/2024).

Selain BlackRock, JP Morgan tercatat memborong saham UNTR menjelang pembagian dividen. JP Morgan menambah kepemilikannya menjadi 9,605 juta lembar dari sebelumnya 9,6 juta saham.

Demikian pula dengan Charles Schwab Corp yang menambah kepemilikannya di UNTR menjadi 7,78 juta saham, Credit Agricole menjadi 4,46 juta kepemilikan, serta American Century Cos Inc yang menambah kepemilikannya menjadi 3,28 juta saham.

Ulasan tentang aksi korporasi bagi-bagi dividen interim yang membuat pengelola dana raksasa mengumpulkan portofolio saham perseroan tersebut, menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Kamis (3/10/2024):

 

Bank Jatim (BJTM) Setor Modal Bentuk KUB dengan Bank Banten (BEKS)

Rapat Umum Pemegang Saham PT Bank Jawa Timur Tbk. memutuskan untuk turut menyetorkan modal senilai Rp10 miliar terkait dengan pembentukan Kelompok Usaha Bank atau KUB dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk.

Keputusan itu merupakan bagian kedua dari tiga mata acara yang diambil keputusannya dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jatim yang berlangsung pada Kamis (26/9/2024).

Dalam dokumen hasil RUPS yang ditandatangani oleh Notaris Sitaresmi Puspadewi Subianto, terungkap bahwa agenda RUPS terdiri dari tiga mata acara. Pertama, persetujuan terhadap perubahan anggaran dasar perseroan yang disesuaikan dengan Peraturan OJK No. 12 Tahun 2023 tentang Unit Usaha Syariah.

Kedua, mata acara persetujuan aksi korporasi perseroan berupa penyertaan modal kepada Bank Banten senilai Rp10 miliar yang selanjutnya dilanjutkan dalam proses tahapan KUB.

Ketiga, perubahan susunan pengurus perseroan dengan mengangkat Komisaris Independen Dadang Setiabudi. Pengangkatan Dadang Setiabudi itu akan berlaku efektif setelah dinyatakan lulus penilaian kemampuan dan kepatutan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Arus “Ikan-Ikan Besar” ke Saham Pembagi Dividen

Beberapa emiten bersiap untuk membagikan dividen interim pada periode tahun buku 2024. Hal tersebut dimanfaatkan oleh “ikan-ikan besar” (big fish) atau investor kakap mendulang untung dengan mengoleksi sahamnya.

Salah satu perusahaan yang berencana membagikan dividen interim adalah PT Astra Agro Lestari Tbk. Emiten dengan kode saham AALI itu akan menebar Rp84 per saham atau setara dengan Rp161,6 miliar.

Anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII) lain yang melakukan aksi korporasi serupa adalah PT United Tractors Tbk. (UNTR). Perseroan akan membagikan dividen sebesar Rp667 per saham atau total Rp2,42 triliun.

Aksi korporasi bagi-bagi dividen interim membuat pengelola dana raksasa mengumpulkan portofolio saham perseroan tersebut.

 

Cerita Nadim Soal Transformasi Radikal Dunia Pendidikan

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim hadir pada hari kedua gelaran Gateway Studi Visit Indonesia (GSVI) 2024 di Sanur, Rabu (2/10/2024). Dia memaparkan, betapa radikalnya transformasi dunia pendidikan di Indonesia.

Gateways merupakan inisiatif global UNESCO dan Unicef bagi negara-negara untuk membangun dan meningkatkan platform pembelajaran digital bagi publik. GSVI 2024 diikuti oleh delegasi dari 20 negara untuk mendengarkan pelajaran transformasi pendidikan di Indonesia melalui intervensi teknologi digital.

Berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa, 400.000 sekolah, 4.000 guru dan 60 juta siswa, Indonesia dipandang sebagai negara dengan skala dan kompleksitas besar yang telah sukses melakukan transformasi pendidikan melalui strategi inovasi digital dan teknologi.

Nadiem menekankan bahwa hal yang lebih penting adalah skala perubahannya, karena betapa radikalnya transformasi yang ditargetkan di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

 

Timur Tengah Memanas, Minyak Mendidih, dan Emiten Migas Meninggi

Semakin panasnya konflik di Timur Tengah seiring dengan serangan balasan yang dilancarkan Iran ke Israel membuat harga minyak dunia mendidih. Di Indonesia, saham emiten minyak dan gas (migas) meninggi.

Pada penutupan perdagangan Bursa, Rabu (2/10/2024), saham PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) naik dengan persentase tertinggi. 

Emiten keluarga Panigoro tersebut mencatatkan kenaikan harga saham sebesar 8,95% menuju level Rp1.400. Secara tahunan (YtD), Perseroan mencetak pertumbuhan 20,17%. 

Tertinggi persentase kedua adalah PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA) yang tumbuh 8,87% menjadi Rp1.350 per saham pada hari ini. Meski begitu, secara tahunan masih turun 11,48%.

 

Menilik Penyebab Ciputra Group (CTRA) Belum Bangun Proyek Properti di IKN

PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) menjadi pelopor pengembang properti yang berkomitmen berinvestasi dan turut serta membangun proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada market sounding Oktober 2022.

Hanya saja, hingga groundbreaking tahap 8, emiten berkode CTRA ini belum merealisasikan rencana pembangunan proyek properti di IKN.

Rencananya, CTRA akan membangun proyek kawasan terpadu berkonsep bisnis seluas 302 hektare di IKN. Kawasan ini berbasis MICE (meeting, incentive, conference, dan exhibition), hotel, mal, dan residensial.

Selain membangun township terintegrasi, Ciputra memang berencana membangun proyek rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Namun, pembangunan proyek CTRA di IKN akan dimulai jika pengembangan yang dilakukan pemerintah sudah mendekati lokasi lahan yang dibidik Ciputra. Saat ini, pengembangan IKN yang dilakukan pemerintah baru masuk ke tahap 1B dan masih menunggu tahap 1C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Bisnisindonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper