Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham GOTO Tancap Gas, BlackRock hingga Vanguard Ikut Borong

Sejumlah pengelola dana raksasa menjadi pembeli saham GOTO yang tancap gas ke level Rp70 di akhir pekan ini.
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) meninggalkan level Rp60-an dan ditutup pada level Rp70 di akhir pekan ini. Sejumlah pengelola dana seperti BlackRock hingga Vanguard tercatat menjadi pembeli saham GOTO dalam sepekan ini. 

Berdasarkan data Terminal Bloomberg, BlackRock tercatat menjadi pengelola dana yang rutin mengakumulasi saham GOTO dalam sepekan terakhir. BlackRock mengakumulasi sejumlah 285,33 juta saham GOTO dalam sepekan terakhir.

Kepemilikan BlackRock di GOTO bertambah menjadi 27,05 miliar saham per 26 September 2024, dari 26,76 miliar saham per 20 September 2024. 

Selain BlackRock, pengelola dana yang didirikan Jack Bogle, Vanguard juga mengakumulasi saham GOTO dalam sepekan terakhir. Kepemilikan Vanguard di GOTO bertambah menjadi 42,67 miliar saham.

Vanguard merupakan pemilik terbesar saham GOTO ke-5 setelah SoftBank melalui SVF GT Subco, Alibaba Group Holding, GOTO Peopleverse Fund, dan Republic of Singapore.

Pengelola dana selanjutnya yang juga mengakumulasi saham GOTO adalah State Street Corp. Pengelola dana asal Amerika Serikat ini menambah kepemilikannya di GOTO menjadi 3,14 miliar saham. 

Selain itu, pengelola dana asal Prancis Credit Agricole Group juga menambah kepemilikannya terhadap saham GOTO. Kepemilikan Credit Agricole di GOTO bertambah menjadi 2,84 miliar saham.

JP Morgan Chase & Co juga menambah kepemilikannya pada saham GOTO dalam sepekan terakhir. Penambahan kepemilikan itu dilakukan JP Morgan pada 20 September 2024.

Saham JP Morgan pada GOTO bertambah menjadi 1,006 miliar saham, dari sebelumnya 1,005 miliar saham. 

Adapun dari konsensus analis Bloomberg, sebanyak 25 dari 35 analis masih memberikan rekomendasi buy terhadap saham GOTO. Sementara itu, sisanya sebanyak 10 analis memberikan pandangan netral terhadap saham GOTO.

Pandangan netral diberikan oleh Macquarie, dengan target harga atau target price sebesar Rp55 untuk saham GOTO. Selain Macquarie, rating hold juga diberikan oleh UOB KayHian Sekuritas, dengan target harga pada level Rp70 per saham.

Sementara itu, target beli terbaru diberikan oleh BRI Danareksa Sekuritas, dengan TP pada Rp90 per saham. Selain itu, Citi juga memberikan rekomendasi buy, dengan TP pada Rp95 per saham.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper