Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyeksi Laju IHSG Jelang Pelantikan dan Pengumuman Kabinet Prabowo-Gibran

Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan laju IHSG akan fluktuatif pada jelang pelantikan dan pengumuman kabinet Prabowo Subianto Oktober nanti.
Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan laju IHSG akan fluktuatif pada jelang pelantikan dan pengumuman kabinet Prabowo Subianto Oktober nanti. Bisnis/Abdurachman
Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan laju IHSG akan fluktuatif pada jelang pelantikan dan pengumuman kabinet Prabowo Subianto Oktober nanti. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto akan dilantik kurang dari sebulan lagi atau tepat pada 20 Oktober 2024. Jelang pelantikan, laju indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksikan fluktuatif dipengaruhi sejumlah sentimen.

Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Martha Christina mengatakan jelang pelantikan Presiden RI terpilih, pasar akan mencermati sejumlah sentimen. "Pasar mungkin akan mencerna nama-nama menteri, gosip-gosipnya seperti apa," katanya setelah acara Konferensi Pers Peluncuran RDN bersama Bank DBS Indonesia dan Mirae Asset pada Selasa (24/9/2024).

Pada saat kondisi jelang pelantikan, menurutnya IHSG akan sedikit lebih volatile mencermati nama-nama menteri. Namun, setelah nama keluar, pasar menurutnya akan lebih tenang.

Ia memproyeksikan investor asing pun akan menilai positif pasar saham Indonesia jelang pelantikan Presiden RI terpilih. Sebab, transisi pemerintahan sudah disiapkan.

Sebelumnya, Associate Director Pilarmas Investindo Maximilianus Nicodemus mengatakan stabilitas politik dalam negeri akan menjadi pendorong IHSG pada Oktober 2024. Adapun, di antara penentu stabilitas politik adalah momen pelantikan Presiden RI terpilih serta pemilihan jajaran kabinet.

"Ini [stabilitas politik] yang akan mendorong pasar mengalami kenaikkan kembali," kata Nico kepada Bisnis pada Jumat (20/9/2024).

Menurutnya, IHSG berpotensi naik dengan tingkat probabilitas 55% jelang pelantikan Presiden RI terpilih hingga akhir tahun ini. 

"Kami melihat IHSG hingga akhir tahun dapat bermain di level 7.920 – 8.080," tutur Nico.

Adapun, seiring dengan momentum pelantikan Presiden RI terpilih pada 20 Oktober 2024 nanti, sejumlah sektor yang diproyeksikan merasakan sengatan paling besar di antaranya sektor keuangan, consumer non-cyclical, properti, teknologi, otomotif, hingga ritel.

Sementara itu, sebulan jelang pelantikan, IHSG ditutup menguat 0,42% ke level 7.775 pada perdagangan kemarin, Senin (23/9/2024). IHSG menguat 2,31% dalam sebulan perdagangan dan naik 7% sepanjang tahun berjalan (year to date/ytd) hingga saat ini.

Sebagai informasi, pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia ke-8 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Oktober 2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta. Pelantikan ini akan menandai dimulainya lima tahun pemerintahan Prabowo – Gibran.

Prabowo – Gibran memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 2024 dengan meraih 58,59% suara melawan dua pasangan lainnya, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

_________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper