Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebulan Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Indeks Saham BUMN Kembali Positif

Sebulan jelang pelantikan Prabowo-Gibran, Indeks saham BUMN pilihan alias IDXBUMN20 kembali ke zona positif setelah beberapa waktu lalu terkontraksi.
Sebulan jelang pelantikan Prabowo-Gibran, Indeks saham BUMN pilihan alias IDXBUMN20 kembali ke zona positif setelah beberapa waktu lalu terkontraksi. Dok Instagram @prabowosubianto
Sebulan jelang pelantikan Prabowo-Gibran, Indeks saham BUMN pilihan alias IDXBUMN20 kembali ke zona positif setelah beberapa waktu lalu terkontraksi. Dok Instagram @prabowosubianto

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks saham BUMN pilihan alias IDXBUMN20 kembali ke zona positif setelah beberapa waktu lalu terkontraksi. Selain tersengat sentimen suku bunga, kenaikan ini terjadi jelang pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober 2024.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks saham BUMN parkir di level 420,35 hingga penutupan perdagangan Kamis (19/9/2024). Posisi tersebut mencerminkan peningkatan sebesar 0,97% sepanjang tahun berjalan atau year-to-date (YtD).

Jika dibandingkan dengan data perdagangan awal bulan, 2 September 2024, indeks beranggotakan 20 saham BUMN ini masih terkoreksi 1,72% sepanjang tahun berjalan.

Hingga Kamis (19/9), saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi penggerak utama IDXBUMN20 dengan bobot mencapai 396,78%. Saham BMRI juga membukukan peningkatan sebesar 28,57% YtD menuju level Rp7.400 per saham.

Di posisi berikutnya ada PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS), dan PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) sebagai saham-saham penggerak IDXBUMN20.

Sementara itu, saham-saham yang membebani IDXBUMN20, antara lain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), dan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO).

Head Riset Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas mengatakan bahwa sentimen pelonggaran moneter telah memicu kenaikan kinerja indeks BUMN, sehingga penurunan beberapa waktu lalu membuat valuasi menjadi menarik.

“Penurunan saham sebelumnya membuat valuasi menjadi lebih menarik dan akan menambah minat pasar,” ujarnya kepada Bisnis, dikutip Jumat (20/9/2024).

Menurutnya, saham BUMN yang menarik dicermati adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), SMGR, TLKM, ANTM, dan PGEO.

Kiwoom Sekuritas memasang target harga BBRI di level Rp6.000 per saham, sementara target saham SMGR berada di angka Rp4.450, saham TLKM sebesar Rp3.400, ANTM mencapai Rp1.640, JSMR sebesar Rp5.700 dan PGEO di Rp1.300 per saham.

Sebagai infromasi, pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia ke-8 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Oktober 2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta. Pelantikan ini akan menandai dimulainya pemerintahan lima tahun Prabowo Subianto sebagai presiden dan Gibran Rakabuming sebagai wakil presiden.

Pasangan Prabowo–Gibran memenangkan pemilihan umum presiden 2024 dengan 58,59% suara melawan dua pasangan lawannya, Anies–Muhaimin dan Ganjar–Mahfud. Pada hari pelantikan nanti, Prabowo akan menjadi orang tertua yang menerima jabatan presiden Indonesia (73 tahun 3 hari). Sementara wakilnya, Gibran, akan menjadi orang termuda yang menerima jabatan wakil presiden Indonesia (37 tahun 19 hari).

________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper