Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Transaksi Crossing, Bursa Buka Suspensi Saham META di Pasar Nego

Bursa membuka suspensi perdagangan saham Nusantara Infrastructure (META) di pasar negosiasi pada hari ini Rabu (26/6/2024) untuk lakukan transaksi crossing.
Dionisio Damara Tonce, Ibad Durrohman
Rabu, 26 Juni 2024 | 16:00
Bursa membuka suspensi perdagangan saham Nusantara Infrastructure (META) di pasar negosiasi pada hari ini Rabu (26/6/2024) untuk lakukan transaksi crossing. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bursa membuka suspensi perdagangan saham Nusantara Infrastructure (META) di pasar negosiasi pada hari ini Rabu (26/6/2024) untuk lakukan transaksi crossing. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka kembali perdagangan saham PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) di pasar negosiasi mulai sesi II perdagangan hari ini, Rabu (25/6/2024).

BEI menyampaikan pembukaan suspensi tersebut berdasarkan pada Pengumuman Bursa No: Peng-SPT-00009/BEI.PPI/II-2023 tanggal 7 November 2024 dan Pengumuman Bursa nomor Peng-UPT-00002/BEI.PP1/05-2024 tanggal 29 Mei 2024 perihal Pencabutan Penghentian Sementara Perdagangan Efek Hanya di Pasar Negosiasi PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META).

"Bursa memutuskan untuk membuka penghentian sementara (Suspensi) Perdagangan Efek Perseroan hanya di Pasar Negosiasi untuk melaksanakan transaksi crossing saham terhitung sejak Sesi II perdagangan Efek Perseroan pada Rabu (26/6/2024)." papar Bursa dalam pengumumannya.

Selanjutnya, Bursa akan melakukan Suspensi Perdagangan Efek Perseroan kembali di Seluruh Pasar setelah transaksi pengalihan saham tersebut selesai dilakukan.

Transaksi lain selain yang disebutkan tersebut tidak diperkenankan untuk dilaksanakan pada masa pembukaan suspensi tersebut.

Bursa menjelaskan alasan pembukaan suspensi tersebut dalam rangka pengalihan saham hasil pelaksanaan Penawaran Tender Sukarela Tahap III kepada PT Metro Pacific Tollway Indonesia Services, yang akan dilakukan oleh PT BCA Sekuritas sebagai pihak yang ditunjuk oleh Perseroan.

Pada perkembangan lain, entitas Grup Salim PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTIS) selaku pemegang saham pengendali PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META), akan kembali memperpanjang periode penawaran tender sukarela atau voluntary tender offer.

Sekretaris Perusahaan Nusantara Infrastructure, Dahlia Evawani, mengatakan MPTIS berencana memperpanjang kembali penawaran tender sukarela tahap keempat. Hal ini disebabkan masih ada sejumlah pihak yang belum ikut serta dalam proses tersebut.

Proses penawaran tender sukarela saham META telah berlangsung selama 86 hari dan dilaksanakan dalam tiga tahap. Namun, sampai dengan tahap terakhir, masih ada 6.109 pemegang saham META yang belum berpartisipasi.

Jumlah tersebut mencerminkan 1,75% dari total saham termasuk saham treasuri atau 1,79% dari total saham yang tidak termasuk saham treasuri. Oleh karena itu, MPTIS selaku pemegang saham akan kembali melakukan penawaran tender sukarela.

“PT Metro Pacific Tollways Indonesia [MPTIS] berencana untuk melakukan perpanjangan masa penawaran tender sukarela dan akan mengajukan permohonan perpanjangannya kepada OJK [Otoritas Jasa Keuangan],” ujar Dahlia dikutip Selasa (25/6/2024).

Dia menyampaikan bahwa hingga saat ini MPTIS belum menentukan jadwal periode penawaran tender sukarela karena masih menunggu persetujuan lebih lanjut dari OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper