Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham GOTO Anjlok Dekati Gocapan, Cek Investor-Broker yang Rajin Jualan

Sejumlah broker dan investor kakap tercatat rajin menjual saham GOTO dalam sepekan terakhir yang membuat saham GOTO hampir menyentuh level gocapan.
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Saham emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) kembali mendekati level gocapan atau Rp50-an, dan ditutup pada Rp60 per saham hari ini, Jumat (4/10/2024). Sejumlah investor dan broker tercatat menjadi penjual saham terbesar GOTO selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data RTI Infokom, penjualan terbanyak terhadap saham GOTO selama sepekan terakhir paling banyak dilakukan oleh broker dengan kode RF, yaitu Buana Capital Sekuritas. Buana Capital Sekuritas menjual sebanyak 2,8 miliar saham GOTO dalam sepekan.

Selain Buana Capital Sekuritas, broker dengan kode KI atau Ciptadana Sekuritas juga menjual saham GOTO dengan rentang penjualan antara 725,4 juta saham hingga 1,5 miliar saham.

Broker-broker lain yang juga menjual saham GOTO dalam sepekan adalah Maybank Sekuritas dengan kode ZP, JP Morgan Sekuritas dengan kode BK, dan CLSA Sekuritas dengan kode KZ. Masing-masing broker tersebut menjual saham GOTO di bawah 725,4 juta saham dalam sepekan.

Sementara itu, mengacu Bloomberg Terminal, penjualan saham GOTO dalam sepekan dilakukan oleh beberapa investor kakap. Salah satu investor kakap yang menjadi penjual saham GOTO terbanyak pada pekan ini adalah BlackRock.

BlackRock menjual sejumlah 25,54 juta saham GOTO dalam pekan ini. Penjualan tersebut dilakukan pada 30 September 2024, yang membuat kepemilikan BlackRock menjadi 27,12 miliar saham GOTO, dari sebelumnya sebesar 27,15 miliar saham per 27 September 2024.

Adapun di akhir pekan ini, BlackRock tercatat mengapit sejumlah 27,12 miliar saham GOTO.

Investor lain yang juga menjual saham GOTO dalam sepekan ini adalah WisdomTree Inc. WisdomTree menjual sebanyak 12,5 juta saham GOTO per 30 September 2024.

Dengan penjualan ini, kepemilikan WisdomTree pada saham GOTO turun menjadi 491,5 juta saham, dari sebelumnya 504,12 juta saham.

Nomura Holdings juga menjadi salah satu penjual saham GOTO dalam sepekan ini. Nomura melego sejumlah 36.924 saham GOTO dalam sepekan.

Kepemilikan Nomura Holdings di saham GOTO berkurang dari sebelumnya 143,96 juta saham per 27 September 2024, menjadi 143,92 juta saham per 4 Oktober 2024.

Adapun selama sepekan terakhir, saham GOTO tercatat melemah 14,29% selama sepekan. Pelemahan ini membuat saham GOTO turun dari level Rp70 per saham pada 27 September 2024 lalu, menjadi Rp60 per saham pada penutupan perdagangan hari ini, Jumat (4/10/2024). 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper