Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha Medco (MEDC) Garap Eksplorasi Blok Geotermal Samosir US$228 Juta

Medco Power Indonesia memperoleh Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi Panas Bumi (PSP-E) Samosir. Nilai proyek ditaksir mencapai Rp3,49 Triliun
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi./kementerian ESDM
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi./kementerian ESDM

Bisnis.com, JAKARTA — Anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC), Medco Power Indonesia mendapat Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi Panas Bumi (PSP-E) Samosir dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 

Terletak di Sumatra Utara, Samosir, PSP-E diperkirakan memiliki potensi panas bumi hingga 40 megawatt (MW), berdekatan dengan jaringan listrik Sumatra. 

Adapun, proyek ini diperkirakan menelan investasi mencapai US$228 juta atau sekitar Rp3,49 triliun (asumsi kurs Rp15.322 per dolar AS). Proyeksi serapan  tenaga kerja 175 orang. 

“Penugasan ini sejalan dengan komitmen kami untuk menyediakan solusi energi bersih dengan tingkat pengembalian yang menarik,” kata Direktur Utama Medco Power Eka Satria lewat keterangan resmi, Rabu (18/9/2024). 

Sementara itu, CEO PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) Roberto Lorato mengatakan perseroan berkomitmen untuk mengembangkan portofolio energi terbarukan untuk mendukung target nol emisi pemerintah pada 2060 mendatang. 

“Pengembangan portofolio energi terbarukan merupakan bagian penting dari strategi iklim kami," kata dia. 

Penugasan ini diserahkan pada acara Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition ke-10, Rabu (18/9/2024), yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Dalam pergelaran itu, pemerintah menetapkan pemenang lelang untuk 7 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dan Wilayah Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (WPSE) dengan total kapasitas energi geotermal sebesar 320 megawatt (MW).  

Adapun, nilai kesepakatan di sektor panas bumi ini sebesar US$1,82 miliar atau setara dengan Rp27,93 triliun (kurs Rp15.351) dan mampu menyerap tenaga kerja sebesar 1.401 lapangan kerja.  

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengatakan kerjasama tersebut mencakup berbagai badan usaha meliputi BUMN, swasta nasional dan luar negeri dalam hal investasi terkait pengembangan ekonomi dan pembiayaan geothermal. 

"Penetapan badan usaha yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri sebagai pemenang lelang pada 7 wilayah panas bumi yang sudah kita lakukan dalam acara ini," kata Bahlil di IIGCE 2024, Rabu (18/9/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper