Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Kepemilikan, Tancorp Investama Borong 66,8 Juta Saham Superior Prima (BLES)

Tancorp Investama Mulia melakukan transaksi pembelian saham BLES sebanyak 66.800.000 lembar pada rentang 8-16 Oktober 2024 di kisaran harga Rp220-Rp234.
PT Tancorp Investama Mulia memperbesar kepemilikan di saham PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES) melalui aksi borong saham pada pertengahan Oktober 2024. Bisnis Indonesia/ Artha Adventy.
PT Tancorp Investama Mulia memperbesar kepemilikan di saham PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES) melalui aksi borong saham pada pertengahan Oktober 2024. Bisnis Indonesia/ Artha Adventy.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Tancorp Investama Mulia memperbesar kepemilikan di saham PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES) melalui aksi borong saham pada pertengahan Oktober 2024.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Tancorp Investama Mulia melakukan transaksi pembelian saham sebanyak 66.800.000 lembar pada rentang 8-16 Oktober 2024 di kisaran harga Rp220-Rp234 per lembar. Alhasil, perusahan investasi tersebut mengeluarkan kocek maksimal senilai Rp15,63 miliar untuk transkasi tersebut.

"Tujuan transaksi adalah untuk investasi," tulis Direktur Tancorp Investama Mulia Belinda Natalia di keterbukaan informasi pada Jumat(18/10/2024).

Seiring dengan aksi pembelian saham tersebut, kepemilikan Tancorp Investama Mulia terhadap BLES bertambah dari sebelumnya 845.000.000 lembar atau setara 9,505% saham menjadi 911.800.000 lembar atau setara 10,256% saham.

Berdasarkan data RTI Business per 30 September 2024, jumlah pemegang saham BLES di atas 5% selain Tancorp Investama Mulia antara lain, PT Global Base Universal mengempit 40,83% saham, PT Tata Utama Gemilang menggenggam 29.70% saham dan masyarakat mengempit 16,26% saham.

Di lantai Bursa, pada perdagangan hari ini, Jumat (18/10) saham BLES bergerak pada rentang harga Rp238-Rp244 per lembar hingga penutupan perdagangan sesi I. Saham BLES tercatat telah menguat 6,14% dalam sepekan perdagangan.

Sebagai informasi, PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES), milik konglomerat Hermanto Tanoko telah melakukan pencatatan saham perdana atau listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin (8/7/2024). Saham BLES melonjak ARA hingga 34,43% saat perdagangan perdana kala itu.

Saham BLES tercatat melonjak 34,43% atau 63 poin ke level Rp246 per saham. Sebanyak 92,6 juta saham ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp22,7 miliar. Saham BLES memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp2,18 triliun. 

Produsen bata ringan AAC dengan brand BLESSCON dan SUPERIORE BLOCK ini melepas sejumlah 1,31 miliar saham atau setara 15% dari modal ditempatkan BLES kepada masyarakat,  dengan harga penawaran Rp183 per saham.

Penawaran umum perdana saham (initial publif offering/IPO) BLES mendapatkan respons dengan terjadinya kelebihan permintaan (oversubscribed) yang tercatat sebanyak 80,15 kali, serta dengan jumlah investor lebih dari 37.000 investor, baik investor perorangan, institusi, nasional maupun asing.

Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan setelah disesuaikan dengan permintaan, BLES memperoleh dana segar dari IPO sekitar Rp264 miliar. Dana IPO ini rencananya akan digunakan untuk pengembangan usaha BLES, yaitu untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp100 miliar dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja (working capital). 

Manajemen BLES dalam keterangan resminya mengatakan sebagai market leader, BLES berada di posisi yang strategis untuk meraih peluang pertumbuhan di Indonesia dengan didukung oleh jaringan distribusi dan penjualan BLES yang luas dan andal. Saat ini, jaringan distribusi dan penjualan BLES meliputi 70 cabang dan lebih dari 13.000 outlet terdaftar, serta kapabilitas BLES dalam menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan terpercaya.

Pada tahun 2023, BLES yang merupakan bagian dari SPS Corporate mendapatkan kepercayaan dari Tancorp Group, yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko. Tancorp melalui PT Tancorp Investama Mulia bergabung menjadi partner atau mitra strategis sekaligus pemegang saham sebesar 11,35% di BLES. 

"Sinergi antara SPS Corporate dan Tancorp Group tentunya akan semakin memperkuat kinerja dan posisi BLESS sebagai pemimpin pasar di industri bata ringan AAC," ujar Manajemen BLES.

_______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper