Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menebak Arah IHSG dan Wall Street Pekan Ini usai The Fed Pangkas Suku Bunga

Reli saham-saham di Wall Street akan menghadapi tantangan data ekonomi, ketidakpastian politik dan ujian pendapatan perusahaan dalam beberapa minggu mendatang.
Erta Darwati, Ibad Durrohman
Erta Darwati & Ibad Durrohman - Bisnis.com
Senin, 23 September 2024 | 06:50
Reli saham-saham di Wall Street akan menghadapi tantangan data ekonomi, ketidakpastian politik dan ujian pendapatan perusahaan dalam beberapa minggu mendatang. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Reli saham-saham di Wall Street akan menghadapi tantangan data ekonomi, ketidakpastian politik dan ujian pendapatan perusahaan dalam beberapa minggu mendatang. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Reli saham-saham AS di Wall Street akan menghadapi tantangan data ekonomi, ketidakpastian politik dan ujian pendapatan perusahaan dalam beberapa minggu mendatang karena investor menghadapi salah satu periode paling bergejolak tahun ini di pasar ekuitas.

Indeks acuan S&P 500 (.SPX) minggu ini mencapai penutupan tertinggi sepanjang masa untuk pertama kalinya dalam dua bulan setelah Federal Reserve mengumumkan penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin, yang mengawali siklus pelonggaran moneter AS yang pertama sejak tahun 2020.

Indeks ini naik 0,8% sejauh ini di bulan September, yang secara historis merupakan bulan terlemah untuk saham, dan telah naik 19% sepanjang tahun ini. Namun masa sulit ini bisa berlanjut hingga pemilu 5 November, kata para ahli strategi, sehingga membuat S&P 500 rentan terhadap perubahan pasar.

“Kita memasuki periode di mana kondisi musiman kurang menguntungkan,” kata Angelo Kourkafas, ahli strategi investasi senior di Edward Jones.

“Meskipun ada kegembiraan mengenai dimulainya siklus penurunan suku bunga yang baru, ini masih bisa menjadi jalan yang bergelombang di depan."

Paruh kedua bulan September secara historis merupakan periode dua minggu terlemah dalam setahun untuk S&P 500, menurut analisis data Ned Davis Research sejak tahun 1950.

Indeks ini juga mencatat penurunan rata-rata sebesar 0,45% pada bulan Oktober selama tahun-tahun kepresidenan, berdasarkan data dari CFRA sejak tahun 1945.

Volatilitas juga cenderung meningkat pada bulan Oktober pada tahun-tahun pemilu, dengan indeks Volatilitas Pasar Cboe (.VIX), membuka tab baru yang naik ke level rata-rata 25 pada awal bulan, dibandingkan dengan rata-rata jangka panjang sebesar 19,2 , menurut analisis Edward Jones selama delapan tahun pemilihan presiden terakhir. VIX baru-baru ini berada di 16,4.

Pasar mungkin sangat sensitif terhadap pemilu tahun ini antara Donald Trump dari Partai Republik dan Kamala Harris dari Partai Demokrat. Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan persaingan yang hampir seimbang.

“Kecuali datanya memburuk secara signifikan, kami pikir pemilu AS akan menjadi yang terdepan,” kata ahli strategi derivatif ekuitas UBS dalam sebuah catatan.

Investor juga mencari data untuk mendukung ekspektasi bahwa perekonomian sedang menuju “soft landing,” di mana inflasi akan moderat tanpa memberikan dampak buruk terhadap pertumbuhan. Harga saham jauh lebih baik setelah dimulainya penurunan suku bunga dalam skenario seperti itu, dibandingkan ketika The Fed melakukan penurunan suku bunga selama resesi.

Pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu, indeks Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 38,17 poin, atau 0,09%, menjadi 42.063,36, sementara S&P 500 (.SPX) kehilangan 11,09 poin, atau 0,19%, menjadi 5.702,55 dan Nasdaq Composite (.IXIC) kehilangan 65,66 poin, atau 0,36% menjadi 17.948,32.

Sepanjang pekan lalu, S&P 500 naik 1,36%, Nasdaq naik 1,49%, dan Dow naik 1,62%.

Untuk Minggu mendatang akan mencakup laporan mengenai manufaktur, kepercayaan konsumen dan barang tahan lama, serta indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi, yang merupakan ukuran utama inflasi.

Perhatian akan tertuju pada ketenagakerjaan setelah Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bank sentral ingin tetap waspada terhadap pelemahan pasar kerja ketika The Fed mengumumkan pemangkasan suku bunga pada minggu ini. Laporan pekerjaan bulanan AS yang diawasi ketat akan dirilis pada 4 Oktober.

“Kami akan sangat fokus pada apa pun yang menunjukkan kekuatan angkatan kerja,” kata Art Hogan, kepala strategi pasar di B Riley Wealth.

Sementara itu, reli saham telah mendorong kenaikan valuasi. S&P 500 memiliki rasio harga terhadap pendapatan sebesar 21,4 kali lipat dari perkiraan pendapatan 12 bulan, jauh di atas rata-rata jangka panjang sebesar 15,7, menurut LSEG Datastream.

Dengan ruang lingkup valuasi yang lebih tinggi kini semakin terbatas, para investor mengatakan hal ini memberikan beban yang lebih besar pada pendapatan perusahaan untuk menjadi kuat guna mendukung kenaikan saham.

Musim pelaporan kuartal ketiga dimulai bulan depan. Pendapatan S&P 500 untuk periode tersebut diperkirakan meningkat 5,4% dari tahun sebelumnya, dan kemudian melonjak hampir 13% pada kuartal keempat, menurut LSEG IBES.

Saham FedEx (FDX.N) jatuh pada hari Jumat setelah raksasa pengiriman tersebut melaporkan penurunan laba kuartalan yang tajam dan menurunkan perkiraan pendapatan setahun penuh.

“Kelipatan yang diperluas memberikan tekanan pada data makro dan fundamental untuk mendukung harga S&P 500,” Scott Chronert, kepala strategi ekuitas AS di Citi, mengatakan dalam sebuah laporan.

Gerak IHSG Sepekan

Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,88% sepanjang pekan ini setelah koreksi tajam pada perdagangan Jumat (20/9/2024). 

Berdasrakan data Bursa Efek Indonesia, IHSG selama 17—20 September 2024 turun 0,88% dari level 7.812,13 pada Jumat (13/9/2024) ke posisi 7.743 pada akhir perdagangan pekan ini. Seperti diketahui, IHSG ditutup anjlok sebesar 162,38 poin atau 2,05% menuju posisi 7.743 pada perdagangan Jumat (20/9/2024).

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan BEI Eko Susanto menyampaikan terjadi peningkatan pada rata-rata volume transaksi harian dan rata-rata frekuensi transaksi harian pada pekan ini.

Peningkatan tertinggi terjadi pada rata-rata volume transaksi harian Bursa yang mengalami kenaikan sebesar 15,3% menjadi 28,07 miliar saham dari 23,35 miliar saham pada pekan sebelumnya. 

Kenaikan turut terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa selama sepekan sebesar 10,43% menjadi sebanyak 1,26 juta kali transaksi dari 1,14 juta kali transaksi sepekan sebelumnya. 

“Namun, perubahan terjadi pada rata-rata nilai transaksi harian bursa dengan perubahan sebesar 0,37% menjadi Rp14,93 triliun dari Rp14,98 triliun pada pekan sebelumnya,” paparnya dalam keterangan resmi, Sabtu (21/9/2024). 

Tim Phicantro Sekuritas memprediksi bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi akan melanjutkan pelemahannya di level psikologis 7.700 pada Senin (23/9/2024).

"Secara teknikal, terdapat death cross pada Stochastic RSI di overbought area serta terbentuk pola Bearish Engulfing yang mengindikasikan bearish reversal," katanya dalam keterangan tertulis pada Sabtu (21/9/2024). 

Tim Phicantro Sekuritas menyatakan bahwa terdapat sentimen dari global, yakni rilis data S&P Global Composite PMI Flash September 2024 di AS pada Senin (23/9) yang diperkirakan akan turun di level 53 pada September 2024.

Penurunan komponen pada Composite PMI, disebabkan ekspektasi penurunan dari sisi jasa yang diperkirakan sebesar 54, sementara sisi manufaktur diperkirakan sedikit tumbuh di level 48.

Sementara pada hari yang sama, di Eropa juga terdapat rilis data Euro Area HCOB Composite PMI Flash September 2024 yang diperkirakan akan stagnan di level 51. 

Berbeda dengan AS, komponen PMI jasa diperkirakan akan sedikit meningkat di level 53, sedangkan PMI Manufaktur diperkirakan masih dalam zona kontraksi di level 45,6. 

Sedangkan dari domestik, pertumbuhan jumlah uang beredar (M2) Agustus 2024 yang dijadwalkan rilis pada Senin (23/9). 

Posisi M2 Indonesia tercatat tumbuh sebesar 7,4% (year on year/YoY) pada Juli 2024 yang dipengaruhi oleh pertumbuhan penyaluran kredit serta peningkatan tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat. 

Adapun, pertumbuhan jumlah uang beredar pada Agustus 2024 diharapkan tetap tumbuh stabil seiring dengan pertumbuhan kredit pada Agustus 2024 yang terjaga tumbuh double digit, yakni 11,4% YoY. 

______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper