Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KSEI Perbarui Kerja Sama dengan 23 Bank Administrator RDN

KSEI Perbarui Kerja Sama dengan 23 bank administrator RDN dan bank pembayaran.
Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Perbarui Kerja Sama dengan 23 bank administrator RDN dan bank pembayaran. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Perbarui Kerja Sama dengan 23 bank administrator RDN dan bank pembayaran. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melakukan pembaruan kerja sama dengan 23 bank administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) dan bank pembayaran.

Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat menuturkan tidak terdapat perbedaan terkait kerja sama saat ini dengan periode sebelumnya. Hanya saja, perjanjian kerja sama pada periode 2019-2024 sudah berakhir sehingga bank-bank tersebut tidak lagi bisa bekerja sama dengan KSEI apabila kerja sama mereka tidak diperpanjang.

"Nah, kami sudah melakukan proses pembaruan perjanjian ini sejak tahun 2023 lalu. Hari ini kami tandatangani ini perjanjian untuk 5 tahun yang akan datang, dengan jumlah kerja sama lebih banyak, bertambah 8 bank ya," ujar Samsul di Gedung BEI, Jumat (19/7/2024).

Dia melanjutkan dengan pembaruan kerja sama ini, KSEI dapat mempercepat proses birokrasi pembukaan rekening. Menurutnya, bank-bank ini memiliki tenaga yang cukup banyak untuk mengakselerasi pembukaan rekening maupun pengadministrasian dana investor di bank.

"Jadi ini saya kira akan cukup membantu sekali bagi pasar modal Indonesia dalam rangka untuk mencapai target pertumbuhan investor 20 juta di tahun 2027," ujar Samsul.

Lebih lanjut Samsul menyampaikan, berdasarkan data per Juni 2024, total investor di pasar modal telah menembus 13 juta investor, dengan rata-rata penyelesaian transaksi harian sebesar Rp12,3 triliun.

Rata-rata pertumbuhan investor tercatat sebesar 38,7% per tahun sejak tahun 2020, hingga dominasi individu lokal sebesar 99% dari total investor. Hal ini menjadi alasan utama bagi KSEI untuk memberikan kemudahan bagi investor, salah satunya melalui penunjukan Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran yang kredibel.

Bank-bank tersebut adalah PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI), PT Bank Mega Tbk. (MEGA), PT Bank BCA Syariah, PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP), dan PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACA).

Kemudian PT Bank Multiarta Sentosa Tbk. (MASB), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP), PT Bank DBS Indonesia, PT Bank Panin Tbk., dan PT Bank Digital BCA.

Lalu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR), PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA), PT Bank Permata Tbk. (BNLI), PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), serta PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP).

Selanjutnya PT Bank Sinarmas Tbk. (BSIM), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), dan PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII).

Sebagai informasi, Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran memiliki peran penting dalam industri pasar modal. Kerja sama KSEI dengan Bank Pembayaran dimulai pertama kali pada tahun 2000 dengan 3 bank untuk mendukung penerapan scripless trading.

Hal ini terkait dengan persyaratan penempatan posisi dana pada rekening khusus di bank, sesuai Peraturan Bapepam No. III.C.6 tentang Prosedur Operasi dan Pengendalian Interen Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian.

Sementara itu, fungsi Bank Administrator RDN dimulai dengan 4 Bank di tahun 2012 berdasarkan kewajiban Peraturan OJK No.V.D.3 pada tanggal 28 Desember 2010 yang mewajibkan penggunaan Single Investor Identification (SID) bagi investor pasar modal dan pemisahan dana nasabah dengan dana Perusahaan Efek. Terakhir kali, KSEI bekerja sama dengan 7 Bank Pembayaran, serta 9 Bank Administrator RDN yang juga merangkap Bank Pembayaran, pada periode 2019-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper